Kamis, 21 Januari 2016

Unknown

Kiat Memecahkan Persoalan Rumah Tangga #1

pixabay.org


Disampaikan oleh : * H.A Wasi’an


“ Berakit-rakit ke hulu berrenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” sebuah pepatah/ pribahasa yang memberikan gambaran dan ilustrasi bahwa dalam kehidupan ini akan dijumpai masalah/ problem , termasuk dalam rumah-tangga, perjalalan sebuah kehidupan seakan silih berganti ada problem ada solusi/ jalan keluar dari masalah. Merupakan sunnatullah – ada senang ada susah – bahagia-ada duka seakan mengelinding dengan perputara waktu sesekali kehidupan ini ada diatas ,sesekali ada dibawah begitu bergulir tak kenal henti. Untuk meraih kesuksesan tentu harus bisa mengatasi masalah-masalah yang timbul , termasuk dalam rumah-tangga agar setiap pasangan betul-betul siap dalam menjalankan biduk rumahtangganya menuju cita-cita bersama rumah-tangga yang bahagia sejahtera lahir batin dalam ridla Allah Swt.

Kiat/ tips memecahkan masalah dalam rumahtanga antara lain ;

1. Identifikasi Masalah
Mengenali masalah yangtimbul dalam rumah-tangga dan setelah teridentifikasi mengambil langkah –langkah prioritas mana yang didahulukan mana yang diahirkan mana yang lebih penting dalam menyelesaiakn masalah.

2. Menyeimbangkan Emosi dan Stres
Emosi dan stres akrab dengan diri kita ketika kewajiban-keawajiban mulai menumpuk, sementara waktu yang kita miliki untuk mengerjakannya sangat sempit.

3. Jangan Gampang Panik

Kepanikan hakekatnya akan menutup ketenangan dan kejernihan pikiran. Akibatnya persoalan yang kita hadapi tidak pernah lenyap dari hadapan kita. Bahkan akan semakin dominan menghinggapi diri kita, yang selanjutnya akan mengacaukan semua jadwal kegiatan kerja serta keharmonisan keluarga. Sebaiknya pahami benar-benar permasalahan yang ada dan atur langkah untuk mengalahkannya, tidak perlu berpanik ria, yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

4. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri
Ingat, penyebab persoalan yang ada di keluarga bisa ber macam-macam, dari ulah pihak ketiga, anak-anak sampai suami / istri kita yang luput dari pemantauan kita, semua ini bisa menjadi penyebab timbulnya masalah. Menyalahkan diri sendiri justru akan membuat diri kita tidak percaya diri. Bagaiman jika persoalan itu memang akibat kelalaian kita sendiri? Sebaiknya kita cepat-cepat menyadarai kesalahan tersebut dan segera mencari cara untuk. memecahkannya dengan berfikir secara tenang

5. Janganlah Menyalahkan Salah satu Anggota Keluarga
Inilah cara yang paling gampang dan sering dilakukan orang didalam kehidupan keluarga. Sebaiknya, berhati-hatilah menyalahkan pasangan anda, pasalnya, jika ternyata mereka tidak melakukan apa yang kita tuduhkan bisa-bisa tuduhan tersebut mengenai diri kita sendiri. Sebaiknya, evaluasi diri sebelum melakukan koreksi terhadap pasangan kita.

Unknown

Tentang Unknown -

KUA Blimbing Kecamatan Kota Malang Jawa Timur Indonesia, terletak di Jalan Indragiri IV/11 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang, Jawa Timur. Jam Layanan : 08.00 - 16.100 WIB Nomor Telepon yang bisa Anda Hubungi: (+62 341) 471.104

Subscribe to this Blog via Email :

Silahkan tulis dengan nama dan alamat email yang jelas jika ingin mendapatkan respon